Tanggung jawab sosial perusahaan (Corporate Social Responsibility – CSR) adalah suatu konsep pendekatan bisnis dengan memberikan kontribusi terhadap pembangunan yang berkelanjutan dengan memberikan manfaat ekonomi, sosial dan lingkungan bagi seluruh pemangku kepentingan. Tanggung jawab sosial adalah komitmen bisnis untuk bertindak secara etis, beroperasi secara legal dan berkontribusi untuk meningkatkan kualitas kehidupan karyawan dan masyarakat.
Dalam melaksanakan program tanggung jawab sosial ada beberapa pihak yang keberadaannya harus dipertimbangkan oleh perusahaan adalah memiliki berbagai bentuk tanggung jawab terhadap seluruh pemangku kepentingannya, yang di antaranya adalah konsumen (Customers), karyawan (Employees), pemegang saham (Stockholders), Kreditur (Creditors), komunitas (Communities), dan lingkungan dalam segala aspek operasional perusahaan yang mencakup aspek ekonomi, sosial, dan lingkungan. Oleh karena itu, CSR berhubungan erat dengan "pembangunan berkelanjutan", yakni suatu organisasi, terutama perusahaan, dalam melaksanakan aktivitasnya harus mendasarkan keputusannya tidak semata berdasarkan dampaknya dalam aspek ekonomi, misalnya tingkat keuntungan atau deviden, tetapi juga harus menimbang dampak sosial dan lingkungan yang timbul dari keputusannya itu, baik untuk jangka pendek maupun untuk jangka yang lebih panjang. Dengan pengertian tersebut, CSR dapat dikatakan sebagai kontribusi perusahaan terhadap tujuan pembangunan berkelanjutan dengan cara manajemen dampak (minimisasi dampak negatif dan maksimisasi dampak positif) terhadap seluruh pemangku kepentingannya.
Menurut Kotler dan Lee, terdapat enam model CSR yang dapat diterapkan di perusahaan, yaitu: Cause Promotion, Cause Related Marketing, Coporate Societal Marketing, Corporate Philanthropy, Community Volunteering, dan Socially Responsible Business Practice.
Tanggungjawab Sosial Kepada Pelanggan (Sosial Responsibility To Customer)
1. Bagaimana memastikan tanggungjawab bisnis :
• Tetapkan kode etika.
• Monitor keluhan pelanggan.
• Memperoleh umpan balik pelanggan
2. Bagaimana memastikan tanggungjawab pemerintah :
• Peraturan Keamanan Produk.
• Peraturan Periklanan.
• Peraturan Persaingan Industri.
Tanggungjawab Sosial Kepada Pekerja (Sosial Responsibility To Employees)
1. Keamanan Pekerja (Employee Safety)
Memastikan Tempat kerja yang aman bagi pekerja
2. Perlakuan pekerja
Memastikan tidak ada diskriminasi
3. Kesamaan kesempatan (Equal Opportunity) Kesamaan Kesempatan/Hak sipil
4. Bagaimana memastikan tanggung jawab Bisnis :
• Keluhan Prosedur
• Kode etik
• UU Ketenaga kerjaan
Tanggungjawab Sosial Kepada Kreditor (Sosial Responsibility To Creditors)
1. Kewajiban Keuangan
2. Informasikan kreditur jika mempunyai permasalahan keuangan
Tanggungjawab Sosial Kepada Lingkungan (Sosial Responsibility To The
Environment)
1. Pencegahan polusi udara:
• Peninjauan kembali proses produksi • Petunjuk penyelenggaraan pemerintah
2. Pencegahan polusi daratan:
• Peninjauan kembali proses produksi dan pengemasan
• Menyimpan dan mengirim barang sisa beracun ke lokasi pembuangan
Tanggungjawab Sosial Kepada Masyarakat (Sosial Responsibility To Community)
1. Menjadi sponsor peristiwa atau event masyarakat lokal
2. Memberikan sumbangkan kepada masyarakat tidak mampu
Merit Casino, Las Vegas - Game and Bird
ReplyDeleteWelcome to 실시간 카지노 Game and Bird Cafe, your first-class dining and meeting 우리 카지노 주소 spot 메리트 카지노 쿠폰 at 카지노잭팟 Las Vegas. Featuring 카지노사이트주소 our lively lounge and friendly restaurant, our luxurious bars & lounges